Respon Nyata Menanggapi Film anti Islam the Innocence of Muslim

 on Thursday, 17 January 2013  


Ratusan Ribu pamflet telah dibagikan, puluhan seminar, simposium, kuliah umum, pameran-pameran dan berbagai kampanye masif tentang wujud suci Rasulullah saw telah dilakukan di seluruh dunia, sebagai upaya tandingan dari propaganda anti Islam yang telah melecehkan Nabi Muhammad saw. Berikut akan kami sampaikan upaya tersebut.

Upaya Nyata di Seluruh Dunia Dalam Membela Kehormatan Rasulullah saw Oleh Jemaat Ahmadiyah

Saat ini sebuah kampanye besar sedang berlangsung di semua cabang Jamaah Ahmadiyah di seluruh dunia - yang sekarang telah didirikan di lebih dari 200 negara - untuk menyajikan kepada dunia citra sejati dari wujud mulia Rasulullah saw dan Islam dengan cara yang damai, rasional dan penuh kasih sayang melalui pameran-pameran, konferensi, penyebaran brosur, ceramah, penyebaran literatur seminar-seminar perdamaian lintas agama dan dengan menunjukkan ajaran Islam dalam bentuk amalan.

Muhammad Rasulullah sawSejak awal berdiri Jamaah Ahmadiyah telah melakukan upaya tersebut. Namun, upaya tersebut kini telah semakin meningkat pasca munculnya film Innocence of Muslims. Dalam beberapa halaman selanjutnya kami akan menggambarkan beberapa upaya Jamaah Muslim Ahmadiyah yang telah dilakukan sejak munculnya film anti-Islam, dan akan menampilkan bagaimana Muslim sejati bereaksi dalam situasi seperti itu. Ini hanya sebagian kecil dari banyak reaksi di seluruh dunia yang sedang dilakukan oleh Jamaah Ahmadiyah. Kami pilihkan contoh kecil dari berbagai negara.

KANADA

Kanada1 Ahmadiyah Kanada 2 Ahmadiyah Kanada 3 Ahmadiyah Kanada 4 Ahmadiyah Kanada 5
  • Lebih dari 40 kegiatan edukasional, seperti fokus pada simposium Islam, seminar lintas agama, konferensi tentang sejarah Rasulullah saw dan pameran-pameran Al-Qur'an dan kehidupan Rasulullah saw telah digelar di seluruh Kanada, dimana diterangkan kepada mereka tentang status sebenarnya Rasulullah saw.

  • Telah dilakukan pertemuan-pertemuan kepada lebih dari 50 pemimpin Islam dari berbagai latar belakang etnis. Setiap kelompok mendukung langkah yang diambil oleh Jamaah Ahmadiyah dan mereka secara pasti mengatakan bahwa hanya Ahmadiyah yang benar-benar mampu menanggapi serangan terhadap Islam.

  • Pada tanggal 14 Oktober, ribuan Ahmadi, pria, wanita mendatangi rumah-rumah (door-to-door) di 114 kota Kanada. Lebih dari 300.000 ribu pamflet yang dibuat khusus telah dibagikan. Lebih dari 20 media, termasuk televisi dan surat kabar telah meliput upaya ini.

  • Surat-surat yang menyatakan consern Ahmadiyah telah dikirimkan ke semua anggota parleman Kanada, dimana sebagai hasilnya dua pernyataan telah dibuat dalam mendukung Jamaah Ahmadiyah. Dan pertemuan telah diadakan dengan Sekretaris Deputi Kementerian Luar Negeri. Diskusi pribadi juga telah diadakan dengan anggota-anggota parlemen baik yang sekarang maupun terdahulu.

  • Sebuah acara Siratun Nabi yang berjudul "Muhammad saw - Kisah Mengagumkan Nabi Muhammad saw" telah diadakan pada tanggal 20 November 2012 di pusat Kota Toronto di Thomson Roy. Lebih dari 2000 tamu menghadiri acara ini. Ribuan lainnya menyaksikan secara streaming.


INGGRIS

  • Pada saat Khutbah Jumat saja di UK, sejumlah media dunia datang untuk bertemu Khalifah Ahmadiyah setelah khutbah, diantaranya Sky News, Sky Arabic, BBC News, BBC Newsnight, New Zealand TV, French TV, Reuters, Getty Images, London News Pictures, Press Association, Wimbledon Guardian, The Guardian (nasional), BBC Radio.


  • Sebuah kampanye di 50 bus telah diluncurkan di pusat kota London pada tanggal 29 Oktober yang membawa pesan ISLAM: Freedom of Speech with Respect. Sebuah selebaran baru tentang kebebasan berbicara telah diterbitkan dan 20.000 eksemplar telah didistribusikan.

  • Sebuah iklan satu halaman penuh tentang akhlak mulia Rasulullah saw telah diusahakan untuk masuk ke beberapa surat kabar nasional dan lokal. 18 banner khusus tentang Rasulullah saw telah disiapkan untuk pameran di seluruh kota-kota.

  • 5 kuliah umum tentang Rasulullah saw telah diselenggarakan di universitas-universitas ternama inggris. 15 seminar telah diselenggarakan oleh Lajnah Imaillah (Badan Wanita Ahmadiyah). 10 publikasi surat kabar dan 5 wawancara radio telah diadakan. Seminar-seminar dan pameran lainnya telah dilakukan di sejumlah perpustakaan di seluruh Inggris.

  • Sebuah acara pertemuan khusus Siratun Nabi telah diselenggarakan oleh Ahmadiyah di Inggris di Tahir Hall, Masjid Baitul Futuh yang menarik kehadiran para anggota parlemen, pejabat, profesor, doktor, guru dan warga setempat.

JERMAN

  • 3 Oktober 2012 merupakan "Open Mosque Day". Kegiatan ini dilakukan di 80 cabang Jamaah Ahmadiyah Jerman. Lebih dari 6000 tamu telah berkunjung ke Masjid Ahmadiyah. Umpan balik yang penting dari program ini adalah menjadi cara yang tepat untuk memberikan reaksi terhadap film itu.

  • Menurut laporan awal, lebih dari 23.000 eksemplar Khutbah Jumat (yang memuat tentang tanggapan terhadap film Innocence of Muslim, terj.) telah dibagikan. Lebih dari 1000 orang telah membaca Khutbah ini di website Ahmadiyah Jerman. Lebih dari 35 Acara Siratun Nabi telah dirancang.

  • Press release tentang Khutbah Jumat  (yang memuat tentang tanggapan terhadap film Innocence of Muslim, terj.) yang terdiri dari ringkasan khutbah telah dikirim ke media. Dua surat kabar online telah mencetak Press Release secara penuh dan cabang-cabang lokal Ahmadiyah telah menyebarkannya ke media-media lokal. 2 surat kabar dan saluran televisi telah menayankan interview dari perwakilan Ahmadiyah dengan topik pada film.

AMERIKA SERIKAT

  • Sebuah kampanye besar dengan tema "I Love Muhammad" sedang berlangsung, yang akan digunakan sebagai pin bros atau ikat kepala. Selebaran juga akan disebarkan. Pemakaian slogan dalam bentuk apapun akan menarik perhatian orang yang membawa pamflet.

  • Cetak ulang buku Life of Muhammad dalam jumlah besar sedang dalam pengerjaan untuk didistribusikan secara gratis. Khutbah Jumat 21 September 2012 telah diterbitkan dalam bentuk 50.000 pamflet dan upaya pendistribusian sedang direncanakan.

  • Buku Life of Muhammad telah hadir di iBookstore, Kindle store dan iPhone. Muhammad the Liberator of  Women juga telah hadir di iBook, iPhone dan Kindle.

  • 29 buah tulisan yang berbeda, opini editorial dan wawancara live tentang menanggapi film oleh anggota Ahmadiyah Amerika telah dimuat dan disiarkan di media Amerika.


GHANA

  • Maulvi Wahab Bin Adam, Amir Jamaah Muslim Ahmadiyah Ghana dan juga sebagai anggota Dewan Perdamaian Nasional Gana, telah menulis artikel untuk menggambarkan teladan hidup Rasulullah saw yang merujuk pada Khutbah Jumat 21 September dan telah diterbitkan di Daily Graphic, the Chronicle, the Ghanaian Times dan the Daily Guide. Ringkasan Khutbah 21 September telah dirilis dalam bentuk press release dan dipublikasikan dalam Daily Graphic dan the Ghanaian Times. Secara kesluruhan artikel dan siaran pers mencapai pembaca sekitar 145 000 orang.

  • Siaran pers dari Khutbah Jumat dan artikel oleh Maulwi W. Adam telah disiarkan melalui televisi di Ghana dan Radion GBC. Untuk jangkauan secara nasional, jaringan televisi dan stasiun radio saja bisa mencakup penonton sebanyak 10 juta orang. Stasiun radion Peace FM juga menyiarkan release yang mencakup 50 persen Ghana.

  • 20.000 salinan Khutbah Jumat 21 September 2012 telah disiapkan untuk disebarkan. Simposium telah diselenggarakan di Accra dan 10 daerah lain di Ghana untuk menyajikan aspek kehidupan Rasulullah saw kepada orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

INDONESIA


  • Toiman, Kepala Himpunan Mahasiswa Islam mengatakan: "Ini adalah pandangan yang sangat baik dan hal ini harus dibahas sehingga setiap pengikut dari semua agama dapat berpikir dengan baik, bukan dengan cara kekerasan."

  • Martin, kepala Komite Nasional Pemuda Indonesia mengatakan: Setiap pemimpin sebuah organisasi harus memiliki sudut pandang mengenai hal ini (respon terhadap film Innocence of Muslims). Ahmadiyah memiliki sudut pandang yang sangat baik. Ini adalah tugas yang sangat sulit bagi Ahmadiyah untuk menjelaskan kepada orang-orang tentang kebenaran Ahmadiyah, karena orang hanya mendapatkan informasi di media, yang mendeskreditkan teman-teman Ahmadi."

Bapak Niam, kepala MUI di Sintang, Kalimantan Barat mengatakan:

"Ini harus ditanggapi dengan cara yang baik, bukan dengan cara kekerasan. Meskipun kita sebagai Islam sangat marah, tetapi sebaiknya kita tidak menanggapinya dengan kekerasan. Semasa hidup Rasulullah saw, seorang Badui kencing dan meludah di Masjid Rasulullah saw. Dia tidak dibunuh, tetapi diajarkan sopan santun. Meskipun MUI memiliki pendangan dan sudut pandang yang berbeda, namun dalam hal ini kita memiliki pandangan yang sama."

INDIA

  • 60.000 selebaran dalam bahasa Urdu dan Inggris telah disebarkan di seluruh India.

  • Sejumlah Cabang-cabang Jamaah Ahmadiyah di India juga telah menggelar Konferensi Perdamaian. Di Qadian, di distrik Gurdaspur konferensi perdamaian yang penting telah digelar. Semua pejabat termasuk para jurnalis telah diundang dan diperkenalkan tentang sisi-sisi keindahan Rasulullah saw. Diskusi tentang upaya perdamaian telah dan menghormati semua pemimpin dan pendiri suci agama telah dilaksanakan

  • Buku Life of Muhammad saw telah diterjemahkan ke 9 bahasa daerah di India dan telah dikirim sebagai hadiah ke perpustakaan, politisi dan tokoh terkemuka dll.

  • Cabang-cabang dari Jamaah Muslim Ahmadiyah di seluruh India telah menggelar Pertemuan Siratun Nabi untuk menyajikan berbagai aspek kehidupan Rasulullah saw kepada non-Muslim.

Sebuah pameran "ISLAM FOR PEACA" telah digelar, dimana disajikan tentang kahidupan Rasulullah saw.


BANGLADESH

  • Pada tanggal 23 Oktober undangan telah dikirim oleh Profesor Meer Mubasher Ali dari Jamaah Ahmadiyah kepada tokoh-tokoh terkemuka  dan pejabat di kediamannya di Dhaka. Diantara para undangan, ada seorang anggota parlemen, mantan menteri dan ahli hukum, beberapa aktivis HAM, para advokat dan pengacara Mahkamah Agung Bangladesh dan beberapa wartawan senior. Mereka dibagikan pidato Khalifah Ahmadiyah di Capitol Hill pada 27 Juni 2012 dan diberi salinan Khutbah Huzur tanggal 21 September 2012. Mereka menerima dengan antusias dan banyak berkomentar dengan mengatakan bahwa ini adalah tindakan yang tepat atas nama Islam yang dilakukan oleh Hazrat Mirza Masroor Ahmad aba.
 
  • Salinan Khutbah Jumat dan pidato di Capitol Hill telah dikirim ke seluruh Komisaris Distrik 64 (DC) dan Superintenden Kepolisisn (SP).

  • Upaya seperti ini dilakukan di seluruh Bangladesh secara intens. Baru-baru ini,  Inspector General of Prisons Brigadier General (Retd.) Ashraful Islam Khan dalam pertemuannya dengan anggota senior Jamaah Ahmadiyah bertanya tentang keyakinan Ahmadiyah mengenai Nabi Muhammad saw. Sebagai tanggapan beliau diberi Khutbah tanggal 21 September dan diminta untuk membahasnya secara rinci untuk memahami kedalaman dan ketulusan cinta Ahmadiyah terhadap Rasulullah saw.

Terjemah: Jusman
Sumber: Review of Religions

Respon Nyata Menanggapi Film anti Islam the Innocence of Muslim 4.5 5 Jusman Thursday, 17 January 2013 Upaya masif Jemaat Ahmadiyah seluruh dunia membela kehormatan Nabi Muhammad Menanggapi Film anti Islam the Innocence of Muslims Ratusan Ribu pamflet telah dibagikan, puluhan seminar, simposium, kuliah umum, pameran-pameran dan berbagai kampanye masif tentang wujud su...


4 comments:

  1. tidak terbantahkan, inilah Islam sejati

    ReplyDelete
  2. Tidak terbantahkan , inilah mamad sejati meminum vodka dalam film.

    ReplyDelete
  3. that is the true, no once in the world...

    ReplyDelete