Rasulullah

[Artikel Rasulullah][bleft]

Islam Damai

[Islam Damai][bsummary]

Berita Islam

[BERITA ISLAM][twocolumns]

10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar

populasi muslim terbesar

Negara mana saja yang memiliki populasi Muslim terbesar? 

Berikut data-datanya, seperti yang dicantumkan dalam penelitian Pew Research Center 

Tabel di bawah ini menjelaskan tentang persebaran, keragaman, dan proyeksi perubahan di masa depan. 

Umat Islam lebih terkonsentrasi di pusat populasi utama Islam, yaitu dua pertiga (65 %) Muslim dunia tinggal di negara-negara dengan 10 populasi Muslim terbesar. 

Baca juga: Pemeluk Islam Akan Melebihi Kristen tahun 2070 

penduduk muslim terbesar

Dari daftar 10 populasi Muslim terbesar, di negara tersebut juga memiliki populasi agama lain yang besar, dalam beberapa kasus lebih besar. Misalnya di India, Islam memiliki populasi Muslim terbesar di sana, tetapi Islam masih sebagai agama minoritas (15 % dari populasi negara) di mana Hindu sebagai agama mayoritas.

Dari daftar terlihat bahwa populasi Islam telah berpindah dari pusat sejarahnya. Negara-negara dengan 5 populasi tertinggi semuanya berada di Asia Selatan dan Asia Tenggara atau di sub-Sahara Afrika, bukan di Timur Tengah. 

Secara perbandingan antara Kristen dan Islam, populasi Kristen adalah 2,3 miliar, sedangkan Muslim 1,8 miliar. Tetapi selisih ini akan menyempit pada tahun 2060, ketika Pew Research Center memprediksi akan ada 3 miliar orang Kristen dan hampir 3 miliar Muslim. Hal itu disebabkan karena umat Islam rata-rata lebih muda dan memiliki lebih banyak anak daripada orang Kristen. 

Daftar di tahun 2060 juga diperkirakan akan berubah. India diperkirakan akan menggantikan Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar. Namun populasi Muslim India akan tetap menjadi agama minoritas (19 %) di negara mayoritas Hindu tersebut. 


No comments: